FILOSOFI PENDIDIKAN INDOESIA SESUAI PEMIKIRAN KHD (Pendidikan & Nasional Budaya)
Kesimpulan Pemikiran Ki Hajar Dewantara
Menurut KHD, pengajaran (onderwijs) adalah bagian dari Pendidikan. Pengajaran merupakan proses Pendidikan dalam memberi ilmu atau berfaedah untuk kecakapan hidup anak secara lahir dan batin. Pendidikan yang Menuntun Menurut Ki Hajar Dewantara, pendidikan tidak dapat dipisahkan dari pengajaran. Pengajaran merupakan bagian dari pendidikan. Pendidikan itu sendiri bertujuan untuk menuntun (among) kodrat yang ada dalam diri anak, agar mereka dapat mencapai kebahagiaan yang setinggi-tingginya. Bermain sebagai Kodrat Anak Dalam pembelajaran, sebaiknya pendidik juga memperhatikan bahwa kodrat anak adalah bermain. Dengan bermain, anak merasakan kegembiraan yang akan membekas dalam hati dan pikirannya.
Refleksi Pengetahuan
dan Pengalaman Baru
Berdasarkan filosofi dan pemikiran pendidikan dari Ki Hajar
Dewantara tersebut, membuat wawasan saya bertamba tetang tujuan pendidikan indoneisa
dari bapak pendidikan indonesia yang mengutamakan kebebasan anak anak dalam
belajar yang menyesuaikan kondisi anak itu sendiri, dari lingkungan, Culture,
etnik, status sosial , perkembangan motorik dan lain lain perubahan diri yang
saya alami, saya harus memetakan terlebidahulu membuat profil peserta didik yang
akan saya ajar agar metode yang saya ajar sesuai degan kondisi kodrat anak
didik itu sendiri, menuntun anak untuk berkembang sesuai dengan tumbuh kembang
anak peserta didik, akan menerapkan pengajaran yang sesuai dengan zaman dimana
anak peserta didik tumbuh, dari segi pengajaran digital
Komentar
Posting Komentar