FILOSOFI PENDIDIKAN INDOESIA SESUAI PEMIKIRAN KHD (Pendidikan & Nasional Budaya)

 

Kesimpulan Pemikiran Ki Hajar Dewantara

Menurut KHD, pengajaran (onderwijs) adalah bagian dari Pendidikan. Pengajaran merupakan proses Pendidikan dalam memberi ilmu atau berfaedah untuk kecakapan hidup anak secara lahir dan batin. Pendidikan yang Menuntun Menurut Ki Hajar Dewantara, pendidikan tidak dapat dipisahkan dari pengajaran. Pengajaran merupakan bagian dari pendidikan. Pendidikan itu sendiri bertujuan untuk menuntun (among) kodrat yang ada dalam diri anak, agar mereka dapat mencapai kebahagiaan yang setinggi-tingginya. Bermain sebagai Kodrat Anak Dalam pembelajaran, sebaiknya pendidik juga memperhatikan bahwa kodrat anak adalah bermain. Dengan bermain, anak merasakan kegembiraan yang akan membekas dalam hati dan pikirannya.

Refleksi Pengetahuan dan Pengalaman Baru

Berdasarkan filosofi dan pemikiran pendidikan dari Ki Hajar Dewantara tersebut, membuat wawasan saya bertamba tetang tujuan pendidikan indoneisa dari bapak pendidikan indonesia yang mengutamakan kebebasan anak anak dalam belajar yang menyesuaikan kondisi anak itu sendiri, dari lingkungan, Culture, etnik, status sosial , perkembangan motorik dan lain lain perubahan diri yang saya alami, saya harus memetakan terlebidahulu membuat profil peserta didik yang akan saya ajar agar metode yang saya ajar sesuai degan kondisi kodrat anak didik itu sendiri, menuntun anak untuk berkembang sesuai dengan tumbuh kembang anak peserta didik, akan menerapkan pengajaran yang sesuai dengan zaman dimana anak peserta didik tumbuh, dari segi pengajaran digital

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pendidikan yang berpihak pada peserta didik dan memerdekakan peserta didik dalam pendidikan abad ke-21

PESATNYA PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DI ERA DIGITAL MENJADI TANTANGAN BAGI GURU PENDIDIKAN JASMANI