PEMBELAJARAN PARADIGMA BARU
LK 1. Pembelajaran Paradigma Baru
Setelah menyaksikan video,
selesaikan lembar kerja 1 (LK 1) berikut ini. Anda dapat merujuk berbagai
sumber atau referensi dalam merespon lembar kerja tersebut dalam rangka
memperluas pemahaman Anda tentang konsep pembelajaran paradigma baru.
LEMBAR KERJA 1
Pembelajaran
Paradigma Baru Berdasarkan video 1 yang telah Anda saksikan, refleksikan
bagaimana pembelajaran paradigma baru semestinya direncanakan dan dilaksanakan
oleh guru.
Catatan: Lembar kerja ini diunggah ke Google drive masing-masing dan
tautannya disimpan pada kolom Note dibawah ini.
1.
Salah satu karakteristik pembelajaran paradigma baru adalah proses pembelajaran
harus berpusat pada peserta didik. Silakan ilustrasikan proses pembelajaran
yang berpusat pada peserta didik dengan memberikan contohcontoh secara konkrit.
Jawaban :
Contoh pembelajaran
yang berpusat pada peserta didik salah satu contohnya adalah ketika mengajarkan
materi barisan aritmetika. Dapat disajikan 4 gambar berurutan yang terdiri dari
noktah-noktah. Kemudian siswa diminta menghitung jumlah noktah dari
masing-masing gambar berurutan tersebut. Guru memancing siswa untuk melihat
perbedaan jumlah noktah pada gambar 1, gambar 2 sampai gambar 4. Kemudian siswa
diminta menghitung jumlah noktah pada gambar 5 bersama kelompok kecil
beranggotakan 4-5 orang. Setelah berdiskusi, masing-masing kelompok
mempresentasikan hasil diskusi nya dan kelompok lain memberikan tanggapan.
Diakhir presentasi guru memberikan penguatan tentang rumus menentukan suku ke-n
dari barisan aritmetika.
2.
Apa yang menjadi pertimbangan ketika guru diberikan kemerdekaan dalam
merumuskan rancangan pembelajaran dan asesmen?
Jabawan :
Pembelajaran paradigma
baru menggunakan Capaian Pembelajaran (CP) dalam proses pembelajarannya. CP
disesuaikan dengan tingkat kemampuan masing-masing siswa. Sedangkan yang paling
mengetahui tingkat kemampuan masing-masing siswa adalah guru yang mengajar
dikelas sehingga itu menjadi pertimbangan guru diberikan kemerdekaan dalam
merumuskan rancangan pembelajaran dan asesmen.
3.
Pembelajaran paradigma baru dilaksanakan dalam satu siklus yang meliputi tiga
tahapan yang saling berkaitan, yaitu pemetaan standar kompetensi, perencanaan
proses pembelajaran, dan perencanaan asesmen. Gambarkan secara ringkas bagaimana
kaitan dari ketiga tahapan tersebut!
Jawaban :
Pembelajaran paradigma
baru memuat 3 komponen yang selaras dan saling mempengaruhi sehingga diharapkan
dapat mengubah paradigma pembelajaran agar terjadi perbaikan dan pengembangan
praktik pembelajaran secara berkelanjutan.
4.
Menurut pembelajaran paradigma baru, tujuan pembelajaran, proses pembelajaran
dan proses asesmen dilakukan guna memastikan tercapainya Profil Pelajar
Pancasila. Jelaskan bagaimana karakteristik Profil Pelajar Pancasila itu!
Jawaban:
karakter profil pembelajaran pancasila teruang
dalam 6 dimensi
1.Beriman , Bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak
mulia
2. Berkebinekaan global
3. Bergotong Royong
4. Mandiri
5. Bernalar Kritis
6. Kreatif
5.
Pembelajaran paradigma baru sangat memperhatikan karakteristik belajar peserta
didik. Ceritakan bagaimana guru seharusnya merencanakan pembelajaran dan
asesmen (as learning, for learning, of learning) jika dikaitkan dengan
karakteristik peserta didik!
Jawaban:
Assesment
as learning
Assesment as learning
melibatkan peserta didik secara aktif untuk dalam proses penilaian tersebut,
peserta diberi pengalaman pelajaran dalam menilai diri sendiri.
Assesment
for learning
Assesment for learning,
merupakan penilaian dalam proses belajar contonya menilai proyek, persentasi
dan lain-lain
Assesment
of learning
Assesment of learning,
merupakan penilain akhir proses pembelajaran seperti ulangan akhir semester dan
sebagai bentuk penilaian sumatif
6.
Ceritakan apa langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam merencanakan dan
melaksanakan pembelajaran dan asesmen paradigma baru yang efektif!
Jawaban :
Langkah-langkah dalam
merencanakan dan pelaksanaan pembelajaran paradigma baru:
1. Menyiapkan
dokumen kurikulum operasional satuan pendidikan (KOSP) memuat seluru rencana
proses pembelajran yang diselenggarakandi satuan pendidikan,
1.
menganalisis konteks karakteristik
satuan pendidikan
2.
merumuskanvisi misi dan tujuan
3.
menentukan pengorganisasian pembelajaran
4.
menyususun rencana pembelajaran dan,
5.
merencang pendampingan, evaluasi, dan
pengembangan.
2. Menyiapkan
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) sampai akhir fase dari suatu capaian
pembelajaran CP.
3. Menyusun
kriteria kecapaian tujuan pembelajaran dan disamakan dengan modul ajar,
termasuk di dalamnya rencana tujuan pembelajaran, aktivitas pembelajaran,
asesmen yang dilaksanakan.
4. Melakukan
asesmen di awal pembelajaran untuk menilai kesiapan setiap individu peserta
didik untuk mempelajari materi yang telah dirancang.
5. Menyiapkan
projek profil pancasila, prinsip projek pancasila,
1. Holistik,
prinsip holistik akan dapat mengajarkan siswa untuk melihan segala
permasalahansecara keseluruhan menjadi bagian yang utuh
2. Kontekstual
3. Berpusat
pada pelajar pancasila
4. eksplorasi
6. Berdasarkan
hasil asesmen, memodifikasi rencana yang dibuat dan/atau membuat penyesuaian
untuk sebagian peserta didik.
7. Melaksanakan
pembelajaran dan menggunakan berbagai metode asesmen formatif untuk memonitor
kemajuan belajar.
8. Melaksanakan
asesmen di akhir pembelajaran untuk mengetahui ketercapaian tujuan
pembelajaran. Asesmen ini dapat digunakan sebagai asesmen awal pada
pembelajaran berikutnya.
Komentar
Posting Komentar