PEMBELAJARAN PARADIGMA BARU

 



LK 1. Pembelajaran Paradigma Baru

Setelah menyaksikan video, selesaikan lembar kerja 1 (LK 1) berikut ini. Anda dapat merujuk berbagai sumber atau referensi dalam merespon lembar kerja tersebut dalam rangka memperluas pemahaman Anda tentang konsep pembelajaran paradigma baru.

LEMBAR KERJA 1

Pembelajaran Paradigma Baru Berdasarkan video 1 yang telah Anda saksikan, refleksikan bagaimana pembelajaran paradigma baru semestinya direncanakan dan dilaksanakan oleh guru.

Catatan: Lembar kerja ini diunggah ke Google drive masing-masing dan tautannya disimpan pada kolom Note dibawah ini.

1. Salah satu karakteristik pembelajaran paradigma baru adalah proses pembelajaran harus berpusat pada peserta didik. Silakan ilustrasikan proses pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dengan memberikan contohcontoh secara konkrit.

Jawaban :

Contoh pembelajaran yang berpusat pada peserta didik salah satu contohnya adalah ketika mengajarkan materi barisan aritmetika. Dapat disajikan 4 gambar berurutan yang terdiri dari noktah-noktah. Kemudian siswa diminta menghitung jumlah noktah dari masing-masing gambar berurutan tersebut. Guru memancing siswa untuk melihat perbedaan jumlah noktah pada gambar 1, gambar 2 sampai gambar 4. Kemudian siswa diminta menghitung jumlah noktah pada gambar 5 bersama kelompok kecil beranggotakan 4-5 orang. Setelah berdiskusi, masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi nya dan kelompok lain memberikan tanggapan. Diakhir presentasi guru memberikan penguatan tentang rumus menentukan suku ke-n dari barisan aritmetika.

 

2. Apa yang menjadi pertimbangan ketika guru diberikan kemerdekaan dalam merumuskan rancangan pembelajaran dan asesmen?

Jabawan :

Pembelajaran paradigma baru menggunakan Capaian Pembelajaran (CP) dalam proses pembelajarannya. CP disesuaikan dengan tingkat kemampuan masing-masing siswa. Sedangkan yang paling mengetahui tingkat kemampuan masing-masing siswa adalah guru yang mengajar dikelas sehingga itu menjadi pertimbangan guru diberikan kemerdekaan dalam merumuskan rancangan pembelajaran dan asesmen.

 

3. Pembelajaran paradigma baru dilaksanakan dalam satu siklus yang meliputi tiga tahapan yang saling berkaitan, yaitu pemetaan standar kompetensi, perencanaan proses pembelajaran, dan perencanaan asesmen. Gambarkan secara ringkas bagaimana kaitan dari ketiga tahapan tersebut!

Jawaban :

Pembelajaran paradigma baru memuat 3 komponen yang selaras dan saling mempengaruhi sehingga diharapkan dapat mengubah paradigma pembelajaran agar terjadi perbaikan dan pengembangan praktik pembelajaran secara berkelanjutan.

 

4. Menurut pembelajaran paradigma baru, tujuan pembelajaran, proses pembelajaran dan proses asesmen dilakukan guna memastikan tercapainya Profil Pelajar Pancasila. Jelaskan bagaimana karakteristik Profil Pelajar Pancasila itu!

Jawaban:

 karakter profil pembelajaran pancasila teruang dalam 6 dimensi

            1.Beriman , Bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia

            2. Berkebinekaan global

            3. Bergotong Royong

            4. Mandiri

            5. Bernalar Kritis

            6. Kreatif

5. Pembelajaran paradigma baru sangat memperhatikan karakteristik belajar peserta didik. Ceritakan bagaimana guru seharusnya merencanakan pembelajaran dan asesmen (as learning, for learning, of learning) jika dikaitkan dengan karakteristik peserta didik!

Jawaban:

Assesment as learning

Assesment as learning melibatkan peserta didik secara aktif untuk dalam proses penilaian tersebut, peserta diberi pengalaman pelajaran dalam menilai diri sendiri.

Assesment for learning

Assesment for learning, merupakan penilaian dalam proses belajar contonya menilai proyek, persentasi dan lain-lain

Assesment of learning

Assesment of learning, merupakan penilain akhir proses pembelajaran seperti ulangan akhir semester dan sebagai bentuk penilaian sumatif

 

6. Ceritakan apa langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran dan asesmen paradigma baru yang efektif!

Jawaban :

Langkah-langkah dalam merencanakan dan pelaksanaan pembelajaran paradigma baru:

1.      Menyiapkan dokumen kurikulum operasional satuan pendidikan (KOSP) memuat seluru rencana proses pembelajran yang diselenggarakandi satuan pendidikan,

1.      menganalisis konteks karakteristik satuan pendidikan

2.      merumuskanvisi misi dan tujuan

3.      menentukan pengorganisasian pembelajaran

4.      menyususun rencana pembelajaran dan,

5.      merencang pendampingan, evaluasi, dan pengembangan.

 

2.      Menyiapkan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) sampai akhir fase dari suatu capaian pembelajaran CP.

3.      Menyusun kriteria kecapaian tujuan pembelajaran dan disamakan dengan modul ajar, termasuk di dalamnya rencana tujuan pembelajaran, aktivitas pembelajaran, asesmen yang dilaksanakan.

4.      Melakukan asesmen di awal pembelajaran untuk menilai kesiapan setiap individu peserta didik untuk mempelajari materi yang telah dirancang.

5.      Menyiapkan projek profil pancasila, prinsip projek pancasila,

1.      Holistik, prinsip holistik akan dapat mengajarkan siswa untuk melihan segala permasalahansecara keseluruhan menjadi bagian yang utuh

2.      Kontekstual

3.      Berpusat pada pelajar pancasila

4.      eksplorasi

6.      Berdasarkan hasil asesmen, memodifikasi rencana yang dibuat dan/atau membuat penyesuaian untuk sebagian peserta didik.

7.      Melaksanakan pembelajaran dan menggunakan berbagai metode asesmen formatif untuk memonitor kemajuan belajar.

8.      Melaksanakan asesmen di akhir pembelajaran untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran. Asesmen ini dapat digunakan sebagai asesmen awal pada pembelajaran berikutnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pendidikan yang berpihak pada peserta didik dan memerdekakan peserta didik dalam pendidikan abad ke-21

PESATNYA PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DI ERA DIGITAL MENJADI TANTANGAN BAGI GURU PENDIDIKAN JASMANI